DAMPAK AUTO GATE SYSTEM (AGS) TERHADAP PERCEPATAN KONTAINER DI PELABUHAN TANJUNG PRIOK

Authors

  • Yuafanda Kholfi Hartono Directorate General Customs and Excise

DOI:

https://doi.org/10.31092/jpbc.v3i1.430

Abstract

Salah satu permasalahan di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, pelabuhan terbesar Indonesia adalah kongesti yang diakibatkan lambatnya arus keluar masuk kontainer. Berbagai kebijakan telah dilakukan oleh pihak pelabuhan dan pemerintah, salah satunya adalah penggunaan Auto Gate System (AGS). Makalah ini bertujuan untuk mendapatkan analisis tentang dampak implementasi AGS di pelabuhan Tanjung Priok, sehingga dapat dijadikan referensi bagi pelabuhan lain untuk medapatkan solusi efisiensi arus kontainer. Metode penelitian yang digunakan dalam makalah ini adalah Two Group Posttest Only design, desain evaluasi yang membandingkan dampak suatu kebijakan antara grup yang mendapatkan kebijakan tersebut dengan grup yang tidak merasakan dampak dari kebijakan. Kajian ini juga menggunakan Box-cox transformation dan uji hipotesis. Data yang digunakan adalah data sistem TPS online periode 1 Januari sampai dengan 30 Juni 2018. Dengan mengambil TPS KOJA sebagai sebagai treatment group dan TPS New Priok Container Terminal One sebagai comparison group, hasil perbandingan rata-rata waktu masuk sampai dengan keluar kontainer di masing-masing terminal peti kemas tersebut menunjukkan bahwa TPS KOJA memiliki selisih 6 jam 55 menit atau 7,75% lebih cepat dalam memproses kontainer. Berdasarkan data tersebut, disimpulkan bahwa implementasi Auto Gate System di pelabuhan Tanjung Priok berpengaruh signifikan terhadap percepatan kontainer.

Published

2019-06-10

How to Cite

Hartono, Y. K. (2019). DAMPAK AUTO GATE SYSTEM (AGS) TERHADAP PERCEPATAN KONTAINER DI PELABUHAN TANJUNG PRIOK. JURNAL PERSPEKTIF BEA DAN CUKAI, 3(1). https://doi.org/10.31092/jpbc.v3i1.430

Issue

Section

Articles