STRATEGI MENINGKATKAN KESADARAN DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DI INDONESIA

Authors

  • Mutia Ulfa Direktorat Jenderal Pajak
  • Irwan Aribowo Politeknik Keuangan Negara STAN

DOI:

https://doi.org/10.31092/jpkn.v3i1.1254

Keywords:

Kepatuhan Wajib Pajak, Penyuluhan, Strategi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi, kendala, tolok ukur keberhasilan, dan tindak lanjut dari pelaksanaan strategi untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak UMKM di lingkup Subdirektorat Penyuluhan Perpajakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara dan penelitian dokumentasi. Dari penelitian ini diketahui bahwa Subdirektorat Penyuluhan Perpajakan dalam pelaksanaan tugasnya tidak ada pembagian fokus antara Wajib Pajak UMKM dan Non UMKM. Subdirektorat Penyuluhan Perpajakan melakukan kolaborasi bersama pihak eksternal DJP untuk melaksanakan kegiatan baik untuk UMKM maupun Wajib Pajak pada umumnya. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan strategi salah satunya ialah perbedaan pemahaman petugas pajak terhadap suatu kebijakan. Indikator Kinerja Utama (IKU) digunakan untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan strategi yang selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif . In CV Jejak.

Badan Pusat Statistik. (6 Februari 2019). Ekonomi Indonesia 2018 Tumbuh 5,17 Persen. https://www.bps.go.id/pressrelease/2019/02/06/1619/ekonomi-indonesia-2018-tumbuh-5-17-persen.html

Cambride Dictionary. (n.d.). Diakses tanggal 20 Januari 2021, dari https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/awareness

David, F. R. (2017). Strategic Management: A Competitve Advantage Approach. In Pearson Education Limited

Direktur Jenderal Pajak. Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-95/PJ/2015 tentang Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pajak Tahun 2015-2019

Direktur Jenderal Pajak. Keputusan Direktur Jenderal Pajak Nomor KEP-389/PJ/2020 tentang Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pajak Tahun 2020-2024

Direktur Jenderal Pajak. Laporan Tahunan DJP 2015

Direktur Jenderal Pajak. Laporan Tahunan DJP 2016

Direktur Jenderal Pajak. Laporan Tahunan DJP 2017

Direktur Jenderal Pajak. Laporan Tahunan DJP 2018

Gafoor, K. A. (2012). Considerations in the Measurement of Awareness. National Seminar on Emerging Trends in Education.

Hitt, M. A., Ireland, R. D., & Hoskisson, R. (2012). Strategic Management Cases: Competitiveness and Globalization. In Cengage Learning Academic Resource Center.

Hutagaol, J., Winarno, W. W., & Pradipta, A. (2007). Strategi Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak. Akuntabilitas

Indonesia. Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan

Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Kementerian Keuangan. Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK 184/PMK.01/2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Keuangan

Kementerian Keuangan. Peraturan Menteri Keuangan Nomor PMK 39/PMK.03/2018 tentang Tata Cara Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pembayaran Pajak

Kementerian Koperasi dan UKM. Data Perkembangan UMKM Kementerian Koperasi dan UKM 2015-2016

Kementerian Koperasi dan UKM. Data Perkembangan UMKM Kementerian Koperasi dan UKM 2017-2018

Llewellyn, S., & Tappin, E. (2003). Strategy in the public sector: Management in the wilderness. In Journal of Management Studies. https://doi.org/10.1111/1467-6486.00366

Mardiasmo. (14 Maret 2019). Wamenkeu Ungkap Empat Strategi Tingkatkan Kepatuhan Wajib Pajak. Antara News. https://www.antaranews.com/berita/809981/wamenkeu-ungkap-empat-strategi-tingkatkan-kepatuhan-wajib-pajak

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publication, Inc.

Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. In Teaching Sociology (Seventh Ed, Vol. 30, Issue 3). Pearson Education Limited. https://doi.org/10.2307/3211488

Noviana, W. (2018). Strategi Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Badan dan Orang Pribadi. Jurnal Manajemen Bisnis, 3(2), 241–250. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/article/view/2286

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Rahmawati ID & Nasih M (2020). Strategi Peningkatan Target Wajib Pajak Bagi UMKM Dengan Metode Analytic Network Process (ANP). STRATEGI PENINGKATAN TARGET WAJIB PAJAK BAGI UMKM DEGAN METODE ANALYTIC NETWORK PROCESS (ANP). 6:1. doi: https://doi.org/10.21070/jbmp.v6i1.439

Rumelt, R. P. (2011). Good Strategy/Bad Strategy. 322.

Stewart, J. (2004). The meaning of strategy in the public sector. Australian Journal of Public Administration. https://doi.org/10.1111/j.1467-8500.2004.00409.x

Subadi, T. (2006). Metode Penelitian Kualitatif (Erlina Farida Hidayat (ed.)). Muhammadiyah University Press. http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf

Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Penelitian.

Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. In Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Utomo, Suryo. (18 Februari 2020). Ada 60 Juta UMKM, yang Bayar Pajak Baru 2 Juta. detikFinance. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4903692/ada-60-juta-umkm-yang-bayar-pajak-baru-2-juta

White, J. R. (2012). Sources of Noncompliance and Strategies to Reduce It. United States Government Accountability Office. https://www.gao.gov/assets/600/590215.pdf

Yin, R. (2018). Case Study Research and Applications Sixth Edition. In SAGE Publications.

Downloads

Published

2021-09-17

How to Cite

Mutia Ulfa, & Aribowo, I. (2021). STRATEGI MENINGKATKAN KESADARAN DAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DI INDONESIA. Jurnal Pajak Dan Keuangan Negara (PKN), 3(1), 64–71. https://doi.org/10.31092/jpkn.v3i1.1254