PROGRAM PENDIDIKAN INSAN USIA LANJUT (PIUL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BTQ DI DESA MAYUNG
Abstract
Pendidikan insan usia lanjut mendapat perhatian dari perangkat desa seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya pembelajaran sepanjang hayat, termasuk dalam konteks agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendidikan bagi lansia dalam meningkatkan pemahaman baca tulis Al-Qur'an. Program pendidikan ini PIUL dirancang untuk pertimbangkan kebutuhan dan kemampuan khusus lansia, menggunakan metode pengajaran yang adaptif dan material yang relevan. Metode penelitian ini dengan pendekatan kualitatif desain studi kasus, metodologi metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi dari sejumlah pusat pendidikan Al-Qur'an yang fokus pada lansia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pendidikan yang berbasis pada teknik pengajaran yang ramah usia lanjut, seperti pembelajaran yang berkelompok, penggunaan media visual, serta latihan berulang, dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur'an pada peserta lansia. Program ini juga mencakup dukungan sosial dan motivasi yang mendorong peserta untuk terus belajar dan berlatih. Selain itu, keterlibatan keluarga dan masyarakat juga terbukti memainkan peran penting dalam mendukung keberhasilan pendidikan ini. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan program pendidikan Al-Qur'an yang lebih efektif bagi lansia, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya pembelajaran untuk semua usia sebagai bagian dari upaya menjaga kualitas spiritual dan intelektual sepanjang hayat.
Kata kunci: Pendidikan Lansia, pemahaman baca tulis al-qur’an, pendekatan adaptif