INTEGRASI INDUSTRI DAN UMKM MELALUI DIGITALISASI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) BATUANTEN, KABUPATEN BANYUMAS

Authors

  • Inda Lidya Stefany Lesirolo Universitas Prasetiya Mulya
  • Fallen Cristine Laurent Universitas Prasetiya Mulya
  • Geri Hugo Universitas Prasetiya Mulya
  • Arifah Asna Amalia Universitas Prasetiya Mulya
  • Ayu Asriyani Universitas Prasetiya Mulya
  • Haidee Aditia Iksan Universitas Prasetiya Mulya
  • Dafiar Zhafirsyah Universitas Prasetiya Mulya
  • Dwining Putri Elfriede Universitas Prasetiya Mulya

Abstract

Desa Batuanten merupakan salah satu desa di Kecamatan Cilongok yang memiliki potensi produk unggulan pada sektor industri skala rumah tangga, khususnya gula kelapa dan madu. Berkembangnya industri rumah tangga di Desa Batuanten memerlukan peranan pemerintah desa untuk meningkatkan kualitas pemasaran produk. Digitalisasi pemasaran produk dinilai cukup efektif melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan untuk mengembangkan industri rumah tangga yang terletak di pedesaan. Program pengabdian ini terdiri dari tiga kegiatan, yaitu: (a) Pembuatan proposal business plan antara pelaku UMKM dengan BUMDes; (b) Penyusunan strategi marketing plan; (c) Digitalisasi pemasaran produk UMKM melalui website BUMDes. Adapun kendala yang dihadapi selama pelaksanaan program yaitu: 1) keterlambatan penjualan online karena pemasok bahan kemas tidak beroperasi dalam jangka waktu yang lama; 2) keterbatasan pengetahuan personil BUMDes mengenai teknologi pemasaran; 3) keterbatasan pengetahuan personil BUMDes untuk menggunakan dan mengelola website dan e-commerce. Kendala ini dapat terselesaikan melalui partisipasi aktif untuk menghubungi pemasok dan memberikan pengetahuan teknologi pemasaran kepada personil BUMDes dengan membuat video, teks tutorial, konsep, dan konten promosi. BUMDes Mitra Karsa diharapkan dapat menjalankan dan konsisten memperbaharui strategi dan informasi pemasaran produk unggulan desa untuk mendukung perkembangan industri rumah tangga di Desa Batuanten.

Downloads

Published

2024-12-31