MEMBENTUK JIWA ENTERPRENEURSHIP MELALUI PENYULUHAN STRATEGI DIGITAL MARKETING JAMU KKM 52 DS. SUKABARES KEC. WARINGIN KURUNG
Abstract
Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan smk dengan mengedukasi dan memotivasi dan membentuk jiwa enterpreneurship lulusan smk dengan memberikan penyuluhan strategi pemasaran jamu berbasis digital. Beragam upaya peningkatan kualitas SMK telah tertuang dalam Inpres Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Revitalisasi SMK dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia Indonesia. Merujuk data BPS Kabupaten Bekasi bahwa tingkat pengangguran terbuka sebesar 10,97% tahun 2017 lebih besar dibandingkan secara nasional sebesar 5,5 pada tahun yang sama dan 5,3% tahun 2019. Jumlah siswa tahun 2019/2020 sebanyak 49.379 siswa SMU dan SMK sebanyak 60.805 siswa. Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tercatat paling tinggi di antara lulusan dari jenjang pendidikan lainnya. Dengan adanya kegiatan ini dapat mengedukasi dan memotivasi siswa siswi smk untuk memulai usaha dan teredukasi bagaimana cara memasarkan produk jamu yang di hasilkan yang bekerjasama dengan mahasiswa mahasiswi UNSERA pada kegiatan KKM 52 secara digital. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK 1 Waringin Kurung, Desa Sukabares Kecamatan Waringin Kurung dengan melibatkan mahasiswa KKM 52, siswa siswi SMK dan para guru khususnya guru kewirausahaan. Sasaran dari kegiatan ini adalah untuk memotivasi dan membentuk para siswa siswa smk agar memiliki jiwa enterpreneurship dan dapat memasarkan produk dari usahanya.
Kata kunci: SMK, digital, Enterpreneurship, Motivasi, Jamu.