MEMBANGUN MOTIVASI WIRAUSAHA DAN KEUNGGULAN BERSAING PENGRAJIN BATOK KELAPA DI KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

  • Shofia Amin Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi
  • Fitriaty Fitriaty
Keywords: motivasi wirausaha, keunggulan bersaing, batok kelapa

Abstract

Kelapa yang sudah dikenal sebagai pohon serba guna, akan memberikan nilai guna yang lebih tinggi lagi jika diolah oleh tangan-tangan terampil. Tangan–tangan terampil tersebut akan terus berproduksi jika memiliki kreativitas. Berdasarkan survey awal di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, terdapat para pengrajin yang memanfaatkan ketersediaan batok kelapa baik secara individual, kelompok maupun keluarga. Aktivitas mereka mengolah batok kelapa menjadi beragam souvenir cantik seperti dompet, tas tangan wanita, kancing baju, bros dan lainnya. Potensi mereka untuk berkembang terbuka luas, mengingat ketersediaan bahan baku yang melimpah, keunikan produk yang artistik dan ramah lingkungan sehingga dalam setiap pameran yang diikuti, produk mereka ramai dibeli pengunjung dan telah menjadi produk unggulan daerah. Sayangnya, motivasi wirausaha mereka belum optimal, karena menganggap usaha kerajinan ini hanya pekerjaan sampingan. Berbagai masalah lainnya juga ditemui di lapangan yang dapat menjadi penghambat keberlangsungan usaha mereka. Dalam kegiatan ini dilakukan pembinaan tentang motivasi berwirausaha, peningkatan keunggulan bersaing dan upaya memperluas jangkauan pemasaran melalui metode ceramah dan diskusi.

References

http://www.bekraf.go.id/subsektor

Afiff, F., 2012, Kewirausahaan dan Ekonomi

Kreatif. Rangkaian Kolom Kluster I.

Binus University

Hellriegel, Jackson, Slocum., 2016.,

Management A Competency-Based Approach Edition 11. International Student Edition Thomson-South-Western

Porter, M.E., 1998., Competitive Advantage:

Creating and Sustaining Superior Performance. Simon & Schuster, NY, US.

Ryan, R. M., & Deci, E. L., 2000, Self-

determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55, 68–78. http:// doi.or

CROSSMARK
DIMENSIONS