RELAWAN PAJAK: TIDAK HANYA SEKEDAR MENGERTI PAJAK (MOTIVASI LAYANAN DAN IMPLIKASINYA PADA KEPUASAN WPOP/UMKM)

  • Agustine Dwianika Universitas Pembangunan Jaya
  • Fitriyah Nurhidayah
  • Novita Nurul Azizah
Keywords: Tax Center UPJ, Relawan Pajak, WPOP, UMKM, Motivasi dan Tingkat Kepuasan

Abstract

Tax Center Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) didirikan dengan semangat edukasi bagi mahasiswa dan kebermanfaatan optimal bagi masyarakat luas. Pada 2018 dipercaya oleh Direktorat Jendral Pajak Kantor Wilayah Banten untuk melakukan pilot project “Pelayanan Pendampingan Pelaporan Pajak bagi Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) maupun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)â€. Keterlibatan peneliti dalam pelayanan tersebut memotivasi untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana kepuasan para Relawan Pajak dan WPOP/UMKM atas program yang dibuat yang juga menjadi tujuan dari penelitian ini. Desain penelitian ini berupa analisa hasil survei pada 41 mahasiswa Relawan Pajak UPJ dan 30 orang WPOP/UMKM yang mendapatkan layanan tersebut. Penelitian ini menemukan bahwa motivasi mahasiwa menjadi Relawan Pajak adalah dari diri sendiri untuk mendapat pengalaman dan mendapatkan pelatihan yang memadai sebagai Relawan Pajak, sehingga terbukti mampu menaikkan tingkat kepercayaan diri mahasiswa dalam sampel. Namun terdapat keterbatasan waktu sehingga peneliti tidak menyebarkan kuisioner sebelum kegiatan dimulai sehingga dapat dianalisa dengan uji beda atas implikasi dari kegiatan. Penelitian terkait kepuasan Relawan Pajak dan WPOP atas layanan Universitas dalam rangka meningkatkan peran perguruan tinggi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dari sisi perpajakan masih sangat jarang, sehingga penelitian ini menjadi yang pertama dilakukan, dan dapat dijadikan sebagai literasi utama untuk penelitian serupa berkaitan dengan kontribusi Universitas bagi masyarakat luas dari sisi perpajakan WPOP ataupun UMKM.

References

Andi Muljono, Djoko. 2010. Panduan Brevet Pajak: Pajak Penghasilan.Yogyakarta, Penerbit Andi.

Direktorat Jenderal Pajak, 2000, Visi Misi dan Strategi.

Ivancevich, J. M. et al. (2007). Perilaku & Manajemen Organisasi, Erlangga: Jakarta

Kreitner, Robert dan Angelo Kinicki. 2005. Perilaku

Organisasi. Jakarta: Salemba Empat

Luthans, Fred. 2006., Perilaku Organisasi 10th. Edisi

Indonesia. Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Mardiasmo. 2009. Perpajakan. Edisi Revisi 2009,

Yogyakarta, Penerbit Andi.

Malayu SP Hasibuan. 2003, Manajemen Sumber

Daya Manusia, Yogyakarta: STIE YKPN.

Peraturan Jendral Pajak No. 15/PJ/2006 Tentang Petunjuk Pelaksana Pemotongan, Penyetoran dan Pelaporan Pajak Penghasilan Pasal 21 sehubungan dengan Pekerjaan Orang Pribadi.

Peraturan Menteri Keuangan No. 252/PMK.03/2008 Tentang Petunjuk Pelaksana Pemotongan Pajak atas Penghasilan Pasal 21 sehubungan dengan Pekerjaan, Jasa dan kegiatan Orang Pribadi.

Prawirosentono, Suyadi. 2008. “Manajemen Sumber

Daya Manusia Kebijakan Kinerja Karyawanâ€

Yogyakarta: BPFE.

Resmi, Siti. 2009. Perpajakan: Teori dan Kasus. Edisi

Keempat. Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatifâ€. Bandung ALFABETA

Undang-Undang No. 10 Tahun 1994 dan diubah dengan Undang-Undang No. 17 Tahun 2000, dan diubah terahir kali menjadi Undang-Undang No. 36 Tahun 2008 Tentang Pajak Penghasilan.

Waluyo. 2008. Perpajakan Indonesia. Edisi kedelapan. Buku satu. Jakarta, Penerbit Salemba Empat.

http://repository.usu.ac.id

http://pajak.go.id

CROSSMARK
DIMENSIONS