PELATIHAN ONLINE MARKETING KEPADA PELAKU UMKM DESA CIBOGO, CISAUK, TANGERANG

  • Sony Hartono
  • Roby Syaiful Ubed
Keywords: Tax Center UPJ, Relawan Pajak, WPOP, UMKM, Motivasi dan Tingkat Kepuasan

Abstract

Aktivitas perekonomian di Desa Cibogo, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang sangat kontras dengan Kawasan BSD di sekitarnya. Kondisi ini berimplikasi terhadap kesejahteraan masyarakatnya yang masih tergolong rendah. Masyarakat Desa Cibogo sebenarnya mempunyai potensi yang bisa dikembangkan, yaitu usaha rumah tangga atau UMKM. Namun, pengelolaan usaha rumah tangga yang ada selama ini masih bersifat tradisional dan konvensional, baik itu proses dan skala produksinya, maupun pemasarannya. Masyarakat Desa Cibogo, terutama kaum ibu rumah tangga mempunyai berbagai keterampilan dalam membuat makanan kecil dengan kualitas yang cukup baik dan mempunyai potensi untuk ditingkatkan lebih lanjut. Begitu pula dengan pemasaran produk yang selama ini masih dalam lingkup internal desa tanpa kepercayaan diri untuk memasarkannya dalam pasar y ang lebih luas. Hal ini membuat usaha rumah tangga di Desa Cibogo cenderung stagnan dan belum cukup membantu perekonomian pelaku usahanya. Oleh karena itu diperlukan pendampingan yang mampu mendorong para pelaku usaha rumah tangga di Desa Cibogo untuk memproduksi barang yang lebih berkualitas, mengemas produk dengan lebih menarik dan diterima oleh pasar, serta mampu memasarkan produk ke pasar yang lebih luas. Pada akhirnya, tujuan dari kegiatan pendampingan ini bisa tercapai, yaitu menjadikan kesejahteraan masyarakat Desa Cibogo menjadi lebih baik dan mempunyai produk unggulan yang bisa diproduksi dan dipasarkan secara berkelanjutan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan memberikan kesadaran dan pelatihan terkait pentingnya pemasaran secara online yang saat ini sudah bisa diakses dengan lebih mudah dan murah. Dengan pemasaran secara online, pasar akan mudah diakses secara cepat dan lebih efisien.

References

Agariya, Arun Kumar et.al. 2012. The Role of

Packaging in Brand Communication.

International Journal of Scientific &

Engineering Research, Volume 3, Issue 2,

February -2012

M.Shirisha. 2018. Digital Marketing Importance in

the New Era. International Journal of

Engineering Technology Science and

Research (IJETSR). Volume 5, Issue 1

January 2018.

Susanne Schwarzl dan Monika Grabowska. 2015.

Online marketing strategies: the future is

here. Journal of International Studies. Vol. 8,

No 2, 2015, pp. 187-196.

CROSSMARK
DIMENSIONS