Pengaruh Motivasi dan Akuntabilitas Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Dengan Moderasi Media Sosial Di KP2KP Sungguminasa Kabupaten Gowa
DOI:
https://doi.org/10.31092/jpkn.v6i1.2632Keywords:
Sosialisasi, Akuntabilitas, UMKMAbstract
Usaha Mikro Kecil Menengah menjadi salah satu sektor penyumbang pendapatan negara. Kepatuhan menjadi sikap yang mendorong wajib pajak memenuhi kewajiban perpajakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosialisasi, motivasi, dan akuntabilitas terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM dengan pemanfaatan media sosial sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan asosiatif. Sampel yang digunakan berjumlah 90 wajib pajak UMKM yang terdaftar di KP2KP Sungguminasa Kabupaten Gowa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sosialisasi, motivasi, dan akuntabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. Tetapi pemanfaatan media sosial belum mampu memoderasi pengaruh sosialisasi, motivasi, dan akuntabilitas terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM.
References
Anwar, R. A. dan M. S. (2016). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Perpajakan Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Surakarta Dengan Pengetahuan Perpajakan Sebagai Variabel Pemediasi. Jurnal InFestasi, 12, 66–74.
Assa, K. M., Morasa, J., & Pusung, R. J. (2017). Pengaruh Motivasi, Tingkat Pendidikan, Dan Sosialisasi Dalam Mendorong Kemauan Wajib Pajak Mengikuti Pengampunan Pajak (Studi Kasus Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Manado). In Jurnal Riset Akuntansi Going Concern (Vol. 12, Issue 2).
Budiman., Arif, E., & Roem, E. R. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Perpusda Kabupaten Belitung Timur. Jurnal Ranah Komunikasi, 3(1), 34-44.
Bulutoding, L. (2022). Niat Perilaku Kepatuhan Pajak Muslim Wilayah Sulselbrata Di Tengah Pandemik Covid-19. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, 8, 211–228.
Cuesta?valiño, P., Gutiérrez?rodríguez, P., & Durán?álamo, P. (2022). Why Do People Return to Video Platforms? Millennials and Centennials on TikTok. Media and Communication, 10(1), 198–207. https://doi.org/10.17645/mac.v10i1.4737
Damanik, E. S. (2021). Pengaruh Sistem Administrasi Modern, Keadilan, Akuntabilitas, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Kota Jambi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 303. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.326
Faris Naufal, M., & Setiawan, P. E. (2018). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Pemahaman Prosedur Perpajakan, Umur, Jenis Pekerjaan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. E-Jurnal Akuntansi, 241. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v25.i01.p10
Fahri, S. B. P., Mayrazaka, A. I., & Hayya, M. (2021). Optimalisasi Kesadaran Membayar Pajak Bagi Pemuda Melalui Platform Media Sosial di Era New Normal. Paulus Journal of Accounting (PJA), 3(1), 77-90.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Universitas Dipoegoro.
Ghita, M., & Hariyanti, A. I. (2014). Pengaruh Sistem Perpajakan, Keadilan Perpajakan, Teknologi Perpajakan, Biaya Kepatuhan, dan Kemungkinan Terdeteksi Kecurangan terhadap Persepsi Wajib Pajak Mengenai Penggelapan Pajak (Tax Evasion) Studi Empiris pada Wajib Pajak di Kpp Pratama Pu. Antimicrobial Agents and Chemotheraphy, 58(12), 7250-7257
Ghoni, H. A. (2012). Pengaruh Motivasi dan Pengetahuan Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Daerah. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya.
Handayani, T. Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sosialisasi Perpajakan dan Pengawasan PErpajakan terhadap Kepatuhan Pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tegal (Studi Empiris pada UMKM yang Terdaftar sebagai WPOP di KPP Pratama Tegal). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Pancasakti Tegal.
Hariadi, H., Kenndey, K., & Ramadhani, T. S (2015). Pengaruh Sifat Machiavellian, Locus of Control, dan Equity Sensitive terhadap Penghindaran Pajak dengan Keputusan Etis sebagai Variabel Intervening (Doctoral dissertation, Riau University).
Illahi, S. K., & Marlina. (2019). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan dan Motivasi Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada KPP Pratama Padang Satu. Academic Conference of Accounting J, 1, 555-568.
Lubis, Abu Saman. 2015. “Perbandingan Persentase Tax Ration di Indonesia dengan Negara Lain”.Diakses 29 Januari 2023 http://www.bppk.kemenkeu.go.id
Maxuel, A., & Primastiwi, A. (2021). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM E-Commerce. JRMB, 16(1), 21-29.
Mentari, M. (2017). Pengaruh Persepsi KEmanfaatan dan Kemudahan Penggunaan atas Penerapan E-billing terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi pada Wajib Pajak Badan yang Terdaftar di KPP Madya Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Meutia, E. (2015). Akuntabilitas Pemerintah Daerah Dalam Penyajian Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (ILPPD) Kota Padang Panjang.
Nopiana, P. R., & Natalia, E. Y. (2018). Analisis Sosialisasi Pajak dan Pemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Kepatuhan Pelaporan SPT Wajib Pajak di Kepulauan Riau. Jurnal Benefita, 3(2), 277-290.
Nawangsasi, Y., Nasruddin, I., & Purnamawati, H. (2017). Pelaporan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Berdasarkan Kebijakan E-filling terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal ASET (Akuntansi Riset), 9(2), 49-58.
Pratama, N. C. A., & Hartono, S. (2022). Tinjauan Prosedur Operasional Media Sosial Direktorat Jenderal Pajak Dalam Rangka Edukasi Perpajakan.
Rositayani, K. D., & Purnamawati, I. G. A. (2022). Pengaruh Religiusitas, Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi dan Kewajiban Moral terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM pada Masa Pandemi Covid-19. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 13(2), 331-343
Rahmawati, Y., & Dwijayanto, A. (2022). Pendampingan Perpajakan Bagi Pelaku UMKM Berbasis Syariah Melalui Edukasi Video Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 545. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4253
Sukmawati, F., & Nurfitriani, A. (2019). Pengaruh Transparansi Dan Akuntabilitas Terhadap Pengelolaan Keuangan Desa (Studi pada Pemerintah Desa di Kabupaten Garut). In Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal, dan UMKM (Vol. 2, Issue 1).
Sulistiyono, A. A. (2012). Pengaruh Motivasi terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Penghasilan Orang Pribadi Usahawan (Studi di Sentra Produkasi Manik-manik Desa Plumbongambang, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Sura’baya.
Susanto, L., Yanti, & Viriany. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Agresivitas Pajak
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta
Sugeng, B. (2022). Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif (Eksplanatif). Deepublish
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 RaodahtulJannah, ST. Fatmawati, Lince Bulutoding

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.